BATU INTAN / DIAMANT

Apa itu batu Intan/Diamant?

       Batu intan dalam bahasa Belanda di sebut diamant dan dalam bahasa Inggris di sebut diamond. nama ini sesungguhnya berasal dari bahasa Yunani adamas yang berarti tak dapat di taklukkan.

       Mula-mula sebutan adamas ini di gunakan untuk menamai baja ynag dianggap sebagaibarang yang terkeras. Namun setelah orang menemukan intan yang kebih keras dari baja, maka nama adamas diamdil alih oleh intan. nilai keras intan ditetapkan 10 mohs dan berat jenisnya 3,5 sampai 3,52.




       Pada abad_abad kemudian nama adamas itu di ubah menjadi adamant dan dalam pembicaraan sehari-hari huruf 'a' di depan adamant hilang lalu tinggal damant, dan akhirnya menjadi diamant sampai dewasa ini

        Diamant atau Intan adalah jenis batu satu-satunya yang terdiri atas koolstof atau zat arang yang tulen, karena kekerasannya di Eropa sampai abad pertengahan orang hanya dapat menghaluskan Intan sedikit saja. Barulah pada tahun 1456 di Brugge (belgia) Lodewijk van bergehem (seorang Belgia) dapat menggosok intan dengan bubuk intan.




Untuk menguji betapa kerasnya batu intan ini Groothertog Simo III menitahkan Academie Del Cimento di Florence (italia) menbakar intan itu di bawah kaca-kaca pembesar yang terbesar, tahun 1694. Akhirnya, intan itu terbelah-belah, berantakan dan lenyap sama sekali.

Kaisar Frans I di wina (Austria) juga telah menguji kekerasan batu mirah (ruby-robijn) di bawah suhu yang sangat panas. Akibatnya batu-batu mirah itu tambah berkilau-kilauan, sedangkan intan-intan iti hilang tanpa bekas


Intan dapat dibakar dalam tanur listrik pada suhu 2000 derajat selsius dan menjadi carbondioksida,

Warna-warna Intan:

  1. Tak berwarna sama sekali
  2. Kuning
  3. Kuning muda
  4. Agak kebiru-biruan
  5. Merah
  6. Biru agak hijau
  7. Merah jambu
  8. Merah muda
  9. Agak kuning coklat
  10. Hitam yang dinamakan carbonado
  11. Hijau daun, tetap jarang terdapat

Dari seluruh batu mulia yang di kenal Orang, Intan tidak saja yang paling keras, tetapi juga mempunyai cahaya yang paling besar dan saringan cahaya terbesar, misalnya intan kuning.

intan tertua terdapat di India. Kemudian orang menemukan Intan di bagian benua lain dari dunia yang urutannya sebagai dibawah ini:

  • India (di Haideabad, Mysore, dan Sri Lanka)
  • Indinesia (di Kalimantan selatan yakni Martapura dan Pontianak)
  • Siberia timur
  • Tiongkok
  • Afrika Selatan dan Selatan Barat
  • Amerika Utara dan Canada
  • Australia ( di Queensland)
  • Amerika Selatan( terutama di Brazilia dan Venezuela)




Kasiat intan dari segi Mistik:
  1. Memberikan Kemampuan Keras pada pemakai
  2. Semangat keberanian yang berapi-api
  3. pemandangan luas terhadap sesuatu
  4. mengekalkan asmara
  5. Menentramkan pikiran
  6. Menguatkan lahir batin
  7. Jika diperoleh sebagai hadiah dapat mengekalkan persahabatan
  8. Mengusir setan
Sebagai penangkal atau tumbal, Intan amat baik di pakai oleh orang yang di lahirkan pada 21 maret s.d 21 april. ini bahkan membawa keberuntungan bagi mereka yang dilahirkan pada 23 september s.d 24 oktober, juga yang dilahirkan pada 22 desember s.d 21 januari













0 Response to "BATU INTAN / DIAMANT"

Popular Posts