BATU OPAL (KALIMAYA)


BATU OPAL (KALIMAYA)


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang batu opal (kalimaya) atau biduri kluwung berwarna putih, abu-abu, ungu-putih seperti awan yang di selimuti mega dan terlihat bintang-bintang warna emas. batu kalimaya termasuk dalam golongan batu mulia tanggung atau sela aji naaya (halfedelsteen) dan memiliki nilai kekerasan 5,5 sampai 6


batu kalimaya

batu opal (kalimaya)

Keindahan batu opal yang luar biasa membuat kagum banyak orang dan tertarik untuk memiliki. Sering kali tampak warna dan nyala yang hidup seakan-akan berganti, oleh karena itu ada yang menamakan fatamorgana opal atau opal wulung. Susunan kimianyapun sederhana, yaitu kiezelzuur dan airdengan bercampur bermacam-macam logam yang menyebabkan terjadinya warna-warna yang seakan hidup dan berganti-ganti.


batu opal (kalimaya)


pada zaman dulu batu opal itu diberi nama pederos yang asal kata dari puer yang artinya 'anak'. Hal ini dikarenakan sifatnya sederhana namun mempesona bagaikan anak yang mungil. Batu opal atau kalimaya dapat ditemukan di India, Tiongkok, Mesir, Sri Lanka, Mexico, Australia, Philipina, Vietnam, Birma, Amerika, Eropa, Machuria, dan Indonesia(opal putih ditemukan dibilangan Garut dan Pelabuhan Ratu(Sukabumi)

batu opal (kalimaya)



Berbagai pendapat orang yang berbeda-beda mengenai khasiat batu kalimaya Ada yang mengatakan batu ini tidak baik, hanya menimbulkan nafsu birahi saja pada pemakainya, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam waktu dua atau tiga bulan bisa berubah menjadi genit, suka berbuat serong, congkak, dan malas. Tapi kebalikannya ada yang menganjurkan orang memakai Batu ini untuk membahagiakan si pemakai, menyembuhkan penyakit lemah zakar(impotensi), memberi kekuatan ingatan, memberi penawar dalam kesusahan. opal hitam adalah pembawa kebahagiaan, tetapi jika orang tidak cocok memakainya bisa membawa kesialan/kecelakaan.

batu opal (kalimaya)


Para ahli batu-batuan berpendapat, bahwa sejak berjuta-juta tahun, bagian utara dari New South Wales (Australia), Victoria, dan Australia selatan diliputi telaga yang dangkal. Di sanalah oarang menemukan sisa tulang-tulang yng membatu/posil dari binatang -binatang purbakala, tulang geraham, dan gigi-gigi buaya yang berlapis opal 

batu opal (kalimaya)



Menurut Empire Review, satu-satunya tempat di dunia dari kalimaya hitam adalah parit atau tambang batu jenis itu di Lighting Ridge, dekat Darling, wilayah New South Wales (autralia). disini banyak berkeliaran binatang kangguru.

Batu opal hitam ini memang mempunyai dasar hitam, tetapi memancarkan aneka warna bianglala/pelangi sehingga mirip dengan warna-warna bulu merak yang indah. opal hitam yang terbesar di sebut Pandora dan harganya ditaksir beberapa ribu pound sterling.

Demikian sekilas mengenai batu opal (kalimaya) semoga dapat menambah wawasan kita mengenai batu permata mulia.



1 Response to "BATU OPAL (KALIMAYA)"

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.300.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082388120367 atau 081998642807
    pin 266AD694.

    ReplyDelete

Popular Posts